Mimpi Itu Menjadi Nyata

Dipublikasikan pada 6/06/2013 11:57:00 AM oleh Info Astronomy 0 Comments


  

Cerita ini berawal dari kesukaan temen gue yang suka stand-up comedy. Sebut aja Ilham (nama sebenarnya. [lah?]). Di stand-up comedy, banyak banget idola komika (sebutan untuk pelawak dalam stand-up comedy) gue. Salah satunya, Raditya Dika.

Yang gue tau sampai sekarang, Raditya Dika itu selain komika dia juga seorang penulis buku. Buku karyanya yang paling gue suka adalah Marmut Merah Jambu dan Manusia Setengah Salmon.

Kedua buku itu menarik banget buat dibaca, ya mungkin bagi sebagian orang itu buku yang gak penting-penting amat buat dibeli. Tapi yakin deh, yang baca tulisan gue ini pasti udah tau kedua buku itu.


Seiring berjalannya waktu, semakin bertambahnya umur gue, semakin banyaknya ikan di laut, dan berkurangnya rumput bergoyang karena penebangan liar, gue berpikir kenapa gue gak nulis buku aja kayak Raditya Dika.

Ah, pasti keren.

Pikiran gue untuk menulis buku saat itu belum ada fasilitas untuk mewujudkannya. Tapi gue gak berhenti berpikir dan mengakali. Akhirnya, gue memilih warnet. Iya, warnet.

Warnet sejatinya adalah Warung Internet. Tapi gue heran, kok gue gak ngeliat wujud warung dari warnet ya? Ah, sudahlah gak usah dibahas.

Tapi warnet adalah tempat berjasa bagi gue. Tulisan pertama gue di blog ini, ditulis di warnet. Dan tulisan pertama pada buku gue, juga di warnet.

Gue ke warnet tiap pulang sekolah, gue tulis buku gue dengan durasi 2 jam dalam sehari. Sampai akhirnya, gue putus asa. Gue pikir ini semua sia-sia nantinya. Gue bukan penulis yang handal, gue gak punya apa-apa.

Gue berhenti menulis selama hampir 3 bulan.

Gak disangka-sangka, gue dengar kabar kalau gue mau dibelikan 1 unit komputer jinjing (laptop). Gue bahagia banget saat itu. Tepat pada akhir Maret 2013, gue resmi memiliki laptop. Eh tapi bukannya sombong ya, ini bagian dari cerita!

Semangat menulis itu pun hadir kembali. Gue teruskan tulisan buku gue di laptop baru ini.

Finally, gue berhasil menulis sebuah buku. Buku bertema astronomi. Oiya, gue juga suka astronomi. Astronomi itu asyik, gue sampai bikin situs astronomi sendiri. Hehe.

Tapi, gue mulai bingung lagi. Gimana caranya gue menerbitkan buku ini? Gue cari-cari di Google, cara menerbitkan buku di Gramedia. Ketemu! Tapi asli, caranya ribet banget.

Gue gak menyerah.

Sampai suatu hari gue menemuka situs web NulisBuku.com. Dalam situs itu, gue lihat banyak banget buku-buku yang dijual online.

Dan ini dia! NulisBuku.com juga bisa menjadi tempat penulis buku menerbitkan bukunya sendiri. Akhirnya gue coba, gue kirim naskah gue. Beberapa hari berikutnya, gue menerima email pemberitahuan kalau gue harus mengirim uang untuk pembelian buku pertama gue.

Oke gue kirim.

Gak sampai menunggu waktu yang lama. Mama gue manggil, "Za, ada kiriman nih buat kamu."

Kiriman? Kiriman? Kiriman?! Baru pertama kalinya gue dapat kiriman. Dan yang pertama ini adalah buku yang dengan perjuangan gue tulis. Buku Jelajah Semesta.

Waaaa!! Asli, bahagia dan bangganya gue bisa menulis buku dan menerbitkannya. Terimakasih yang sebesar-besarnya untuk Allah SWT, kedua orangtua, Ilham, Radiya Dika, dan NulisBuku.com.

Mimpi jika hanya diimpikan tidak akan membuat siapapun sukses. Jika ingin maju, jangan mundur. Jika ingin mundur, jangan pernah berharap bisa maju. - Riza Miftah Muharram
Buku gue, bisa kamu beli di sini: http://nulisbuku.com/books/view/jelajah-semesta

0 komentar:

Punya pendapat tentang tulisan di atas? Beri komentar Kamu di bawah ini.