Kenapa Astronomi?

Dipublikasikan pada 12/07/2013 12:02:00 PM oleh Riza Miftah Muharram 1 Comments


Kenapa Astronomi?
Bikinan gue sendiri loh!
Udah lama gak ngeblog (di blog ini) ya, oke, siapa peduli?

Berawal dari permintaan, "Ceritain dong begini.. begini.. begini.." oleh seseorang di Twitter. Sebut aja mbak Donna (bukan nama samaran). Awalnya doi minta diceritain lewat email aja, ah tapi kayaknya seru juga kalo gue cerita di blog.

Sebelumnya, gue mau ngasih tau; gambar di atas gue bikin sendiri lho. Keren kan?!

Jadi, kenapa astronomi? Awal mula gue suka astronomi itu belum lama sebenernnya, awal Juli 2012. Saat itu gue liyat akun Twitter yang sharing astronomi di temlen. Otomatis gue follow karena emang Tweetnya menarik. Banget.



Dari situ, gue stalk terus tu informasinya. Pernah waktu itu ngamat Mars dan Saturnus yang ada di langit tengah jam 7 malem, inilah pertama kalinya gue ngeliat planet di langit sebuah planet.

Seminggu gue ikutin tuh akun, gue berpikir, "Kenapa gue gak bikin akun dengan konsep yang sama?" Ah, awalnya gue gak berani. Yaiyalah ilmu gak seberapa mau bikin akun informasi.

Modal nekat, 20 Juli 2012 gue jadi juga bikin akun @infoAstronomy. Sekaligus gue bikin blognya. Dulu alamat blognya adalah belajarastronomi.blogspot.com, terus gue ganti jadi info-astronomy.blogspot.com, dan biar keliatan profesional, jadilah www.infoastronomy.uni.me

Pengalaman pertama jadi admin, ya di akun itu. Banyak banget pertanyaan-pertanyaan aneh tentang astronomi di tab mention. Mulai dari kapan Matahari ada dua, kenapa awan ada di langit, sampe ada juga pertanyaan macem begini: Bulan itu ada banyak ya? Tiap malem bentuknya beda. (-_-)/(._.)

Tapi gue makin tertarik. Sampe pengikut akun @infoAstronomy nembus 100, gue anggep itu pencapaian pertama yang ajaib. Gue terus ngetweet dan ngetweet, sampe jadilah artikel blog gue yang pertama. Lu bisa baca di sini.

Ya walaupun masih copy-paste, seenggaknya masih cantumin sumber. Gak kayak blog-blog yang sekarang copas dari blog Info Astronomy. I see you...

Tahun 2012 jadi tahun yang asik buat gue. Kenapa? Karena saat itu ada isu kiamat 2012. Menjelang Desember 2012, ilmu astronomi gue udah lumayan bagus, gue udah bisa jelasin kenapa kiamat 2012 itu bohong. Keren kan?!

Yang paling gue inget adalah, saat berantem sama salah satu member (pengikut) akun @infoAstronomy. Doi bersikeras kalo kiamat bener-bener terjadi, dan gue pun calm (walau sebenernya dalem hati.... gondok).

DAN AKHIRNYA

Kiamat 2012 pun terbukti bohong. Akun @infoAstronomy dan blognya yang saat itu beralamat www.infoastronomy.uni.me makin banyak penggemar. Pengikut @infoAstronomy udah mencapai 5000an orang dan blog udah dikunjungin 600an orang per hari.

Jangan berpikir gue mulus aja perjalanannya, ada batu sandungan juga! Pernah suatu hari akun @infoAstronomy dibajak, dicacimaki pengikut yang gagal ngeliat Bulan Purnama (entah kenapa marahnya sama gue) dan hangusnya domain www.infoastronomy.uni.me

Terkait domain, akhirnya gue ganti jadi www.infoastronomy.co.vu, sebuah domain yang gue kira bakal gagal gantiin yang lama, ternyata lebih menarik dari yang lama. Ah, bahagia itu sederhana.

Gue juga berhasil terbitin buku pertama gue, untuk astronomi Indonesia. Judulnya Jelajah Semesta. Mau beli? Klik di sini.

Makin hari makin jadi...... mungkin begitu.

Iya, makin ke sini, makin gue ngerasa enjoy dengan kehidupan gue yang serba astronomi. Gue berharap suatu hari bisa bikin astronomi merakyat, gak ada yang buta indahnya alam semesta kita.

Astronomi itu asyik!

1 comment:

Punya pendapat tentang tulisan di atas? Beri komentar Kamu di bawah ini.