"Kampret! Twitter gue kok ngetweet sendiri?!"

Dipublikasikan pada 3/24/2014 09:32:00 PM oleh Riza Miftah Muharram 0 Comments


Hmmmhh.. Gue kasian.

Banyak temen-temen gue di dunia maya yang akhirnya kena jebakan phising. Eh, lu tau gak apa itu phising? Oke, gue bakal kasih tau ini. Kalo bahasa sederhananya sih, phising itu berasal dari kata fishing atau memancing.

Yak, phising adalah salah satu kejahatan siber (cyber crime) di dunia maya yang paling banyak atau paling sering digunain buat mendapatkan data orang lain. Seperti katasandi misalnya. Teknik phising ini adalah membuat laman suatu situs web palsu yang mirip (banget) dengan laman web aslinya. Contohnya? Lanjutin dulu deh bacanya.

Phising yang ini kayaknya lebih modern dan lebih berhasil memikat orang banyak untuk terjebak. Ya, khusunya yang masih awam. Dan biasanya, yang terjebak malah nyalahin hacker!



Biasanya bilang gini, "Wah, Twitter gue di-hack!" Padahal sih, gak ada hubungannya dengan hacker atau dunia hack. Perlu diketahui nih, hacker itu bukan kejahatan siber! Menurut Wikipedia, hacker (dalam Bahasa Indonesia disebut Peretas) adalah orang yang mempelajari, menganalisis, memodifikasi, menerobos masuk ke dalam komputer dan jaringan komputer, baik untuk keuntungan atau dimotivasi oleh tantangan.

Dalam dunia IT, hacker adalah orang-orang yang bermaksud baik untuk membantu orang lain mengamankan datanya dari serangan kejahatan siber.

Oke, balik lagi ke masalah phising.

Karena ini udah merajalela, kejahatan siber yang satu ini dapat dengan mudah muncul di timeline Twitter kita-kita. Contohnya yang begini nih:

Klik fotonya biar gede ya!
Nah. Kalo elu klik link yang tertera di tweet-tweet di atas, akun lu sedang dalam bahaya. Emang belum masuk ke bahayanya sih, tapi kalo orang yang gak tau menau tentang ini bakalan langsung terjebak dalam lautan luka dalam phising ini.

Kira-kira, kayak gini tampilan selanjutnya pas elu klik link gak jelas di atas:

Laman situs web Twitter palsu yang dibikin seolah mirip dengan aslinya.
Foto kedua adalah yang gue maksud phising. Di sana tertulis sesi terakhir elu telah berakhir, dan elu diminta untuk masukin data penting akun lu, yaitu nama pengguna dan katasandi Twitter-lu.

JANGAN PERNAH MASUKIN DATA PENTING ITU YA!

Kalo elu sampe masukin data nama pengguna dan katasandi di laman web abal-abal tadi, selamat, akun Twitter lu bakalan diobrak-abrik!

Diobrak-abrik disini maksud gue adalah ya tadi, akun Twitter lu bakalan suka ngetweet atau meretweet tweet yang gak jelas. Tweet gak jelas itu adalah, ya tweet yang sama kayak di foto pertama.

Terus, Za. Gimana caranya biar akun gue bener lagi?
Caranya gampang. Lu klik "Pengaturan" atau "Setting" di bar atas akun Twitter. Kalo udah di interface yang baru, klik ikon gear.

Setelah itu, pilih "Aplikasi" atau "Application". Nah, kalo ada aplikasi yang gak lu kenal (biasanya namanya aneh tuh), langsung klik "Cabut akses" atau "Revoke access" ya. Sampe di sini, akun lu sementara aman.

Nah, tapi yang dikhawatirkan adalah, setelah lu terjebak dengan masukin data penting tadi, katasandi lu bakal diganti sama orang yang gak bertanggung jawab. Tapi gak ada salahnya dicoba.

Gimana biar gue gak kena phising kampret ini, Za?!
Hmm... Lu jangan gampang dirayu makanya. Dengan iming-iming "nambah follower gratis dengan klik bla..bla..bla..." atau "Eh, Zayn Malik lagi gak pake ba....." Ah, sudahlah. Pokoknya, jangan klik link gak jelas yang berkeliaran di timeline.

Eh, tapi. Lu juga gak boleh curigaan. Misalnya ada akun informasi yang sertain link (yang menuju situs webnya yang aman, bukan phising), lu boleh klik kok. Pastiin dulu akun informasi itu emang akun baik-baik.

Pesan gue, pencuri itu gak cuma ada di dunia nyata. Tetep hati-hati di dunia maya.

0 komentar:

Punya pendapat tentang tulisan di atas? Beri komentar Kamu di bawah ini.