Tips Biar Blog Kamu Banyak Pengunjungnya

Dipublikasikan pada 7/26/2015 07:01:00 PM oleh Riza Miftah Muharram 0 Comments


Alur blog. Nyomot dari: http://masdifa-blog.blogspot.com/
Uwuwu

Ok, tanpa basa-basi kayak orang-orang di blognya, langsung aja, kali ini gue mau berbagi tips penting buat para bloger (iya, "g"-nya satu aja, kalo dua berarti Blogger.com) biar blognya banyak pengunjung. Tips ini udah gue praktekan langsung untuk Info Astronomy. Silakan mampir dulu ke Info Astronomy.

Yup, Info Astronomy ini gue buat dengan Blogger.com, selain dihosting langsung sama Google, Blogger.com ini juga banyak kemudahannya, setidaknya dibanding dengan WordPress.com. Wehehe.

Tips pertamanya adalah: Desain Blog
Mungkin elu tanya enapa kunci pertamanya adalah desain blog. Ok, sekarang gue balik tanya dulu: apa yang akan lu lakukan ketika lu main ke blog/web orang lain dengan tampilan random alias acak-acakan, widget di sana-sini, dan loading blog yang malah menyita waktu.

Gue yakin yang akan lu lakukan adalah: close tab, dan lu juga berjanji pada diri sendiri gak akan pernah main ke blog/web orang tersebut lagi. Kapok, coeg.

Dan inilah masalah yang dihadapi oleh bloger-bloger pemula. Sebuah masalah yang klasik sebenernya, yaitu belum mampu desain blognya sendiri. Mau nyuruh orang, nanti disuruh bayar. Ogah rugi. Sama kayak gue dulu, mending desain blognya jelek daripada bayar orang buat bikinin desain blog yang uwuwu banget. Tapi ternyata ini kesalahan fatal.

Pengalaman gue ngeblog, untuk bikin desain sendiri, lu bisa download template yang udah jadi secara gratis di internet. Tapi jangan asal comot aja, ada beberapa template yang dijual, dan biasanya ada orang gak bertanggung jawab yang ubah hak ciptanya. Kan kasian, hargailah sebuah karya, mulai detik ini.

Jangan asal comot juga berlaku buat pemilihan template. Usahakan cari template gratis tapi tetep elegan dan enak dipandang. Lu bisa coba eksperimen kecil dengan cari tau sendiri seberapa cepat loading blog itu dan seberapa butuh kah elu sama template itu. Maksudnya, kalo tujuan lu ngeblog buat sharing fotografi, ya lu jangan pilih template bertema luar angkasa. Jaka Sembung naik Gojek, gak nyambung jek!

Pilih juga warna template yang gak terlalu mencolok mata, tapi jangan pilih blog yang 'tanpa warna'.

Tips kedua: Promosikan Blognya!
Promosi blog gak harus bikin iklan di tv kok, gak harus bikin brosur dan bagiin brosurnya ke orang-orang yang lagi naik motor mau lihat kereta sama anaknya di jalan, gak harus sewa billboard di pinggir jalan. Gak harus, ah sudahlah.. Promosi blog bisa lewat sosial media!

Siapa, sih, zaman sekarang yang gak punya sosial media? Ya paling enggak pasti punya akun Facebook atau Twitter lah. Jadi, setiap lu bikin tulisan di blog, langsung deh bagikan ke sosial media linknya. Bikin Tweet atau Status sekreatif dan semenarik mungkin biar orang-orang mau nge-klik link yang lu bagikan. Dan tara.... pengunjung akan naik.

Terus lakukan ini sampe ada hasil yang baik.

Tips ketiga: Artikel
Artikel jadi aspek penting dalam sebuah blog. Tanpa artikel, apalah arti sebuah blog.. Tulislah artikel yang berkualitas, jangan kayak artikel-artikel di blog gue ini dah. Jangan sekali-sekali.

Selain berkualitas, jangan sering-sering copy-paste tulisan orang lain di blog pribadinya. Kabarnya, Google 'menghukum' konten hasil copy-paste dengan gak menampilkannya di mesin pencari. Dengan kata lain: Blog lu di-blacklist! Repot kan.. Tulislah karya lu sendiri. Kembali lagi: hargailah karya orang lain.

Artikel berkualitas juga pastinya harus dengan bahasa yang mudah dimengerti pembaca. Pilihlah kata-kata yang mudah dicerna pembaca, biar bacanya juga enak, dan yang terpenting: mereka mau baca sampe habis artikel yang lu tulis. Keren, kan?

Tips keempat: Daftarkan Blog ke Mesin Pencari!
Nah, ini penting juga nih. Setelah berhasil desain blog dengan rapih, promosi dengan lancar dan nulis artikel yang berkualitas, selanjutnya lu mesti daftarkan blog ke mesin pencari seperti Google, Yahoo!, Bing, dsb. Aspek ini banyak yang diabaikan bloger pemula. Sayang, lho.

Dari statistik, saat ini Google adalah mesin pencari yang paling banyak digunakan orang untuk mencari kata kunci atau keyword. Dalam tulisan ini gue gak akan menjelaskan secara detail gimana cara mengoptimalkannya, tapi gue akan jelaskan tentang giimana cara melakukan promosi blog ke Google, Yahoo! dan Bing.

1. Cara daftar ke Google
Bisa dibilang Google adalah rajanya mesin pencari, apa-apa pasti dibilang "Udah, Googling aja, sih!". Jadi, gue sangat menyarankan lu untuk mendaftarkan blog pertama kali di Google. Untuk cara mendaftarnya ketik http://www.google.com/addurl di url-bar atau klik disini dah biar gampang. Pada halaman formulir pendaftaran, isi alamat blog lu, isi chapta, terus langsung klik tombol Kirim Permintaan. Kelar.

2. Cara Daftar ke Yahoo!
Untuk mendaftarkan blog lu ke Yahoo!, syaratnya harus sudah punya akun Yahoo! terlebih dahulu. Kalo lu udah punya akun di Yahoo!, silahan caw ke halaman http://siteexplorer.search.yahoo.com/submit atau langsung aja klik disini. Buat ngisi formulir pendaftarannya, perhatikan dua kolom isian yang disediakan oleh Yahoo! ya.. Gampang kok, sama persis kayak daftar di Google. Wehehe.

3. Cara Daftar ke Bing
Bing sebenernya cukup lumayan banyak dipergunakan orang sebagai mesin pencari, apa lagi ketika seorang pengguna internet IP-nya lagi ditangguhkan Google karena ada ketidakwajaran yang dideteksi Google. Jadi gue sarankan sebisa mungkin lu daftarkan juga blog lu ke Bing. Silahkan caw ke halaman http://www.bing.com/toolbox/submit-site-url atau langsung aja klik disini. Caranya gak jauh beda dengan daftar di Google.

Ok, za, terus ngapain lagi?
Udah, empat tips di atas cukup ampuh menambah pengunjung blog. Syukur-syukur pengunjungnya mau balik lagi. Lu sebagai bloger mesti bisa optimalkan blog sendiri. Jadi bloger mandiri itu kece.

Sekian lah tulisan gue kali ini, semoga lebih banyak manfaatnya daripada mudharatnya. Salam nastar!

0 komentar:

Punya pendapat tentang tulisan di atas? Beri komentar Kamu di bawah ini.