Betapa Bangganya Gue dengan Info Astronomy

Dipublikasikan pada 9/27/2015 07:47:00 PM oleh Riza Miftah Muharram 1 Comments


Info Astronomy - Pelajari Langit, Lindungi Bumi
Uwuwu

Mumpung ada waktu luang, gue kali ini mau berbagi rasa tentang bangganya gue dengan Info Astronomy. Sebelumnya, mungkin ada yang belum tau apa itu Info Astronomy, jadi izinkanlah pria tampan ini bercerita dari awal, oke?

Pada awalnya, Info Astronomy gue jadikan sebagai tempat menyalurkan hobi doyan mengamati langit malam. Di awal-awal pembentukannya, tiga tahun lalu ketika tulisan ini gue ketik, Info Astronomy yang masih punya puluhan followers di Twitter kerjaannya cuma sharing peristiwa-peristiwa langit yang akan terjadi hari itu. Gue masih inget, saat itu gak ada yang retweet, bahkan kolom mention di Twitter pun kosong.

Tapi gue gak nyerah gitu aja. Kata "Menyerah" gak ditemukan di Kamus Besar Riza.

Sebulan, dua bulan gue ngetweet di Info Astronomy yang baru lahir saat itu, followers kemudian naik perlahan. Dari puluhan ke ratusan, dari ratusan ke ribuan, dari ribuan ke puluhan ribu. Gue memutuskan untuk membuat akun Facebook dan mendirikan situs web Info Astronomy ketika kira-kira lima bulan setelah akun Twitter Info Astronomy meluncur.

Di Facebook emang susah banget buat nambah likers, entah apa sebabnya. Tiga tahun berdiri, Info Astronomy baru punya 2700an likers di Facebook. Tapi gak papa, lumayan daripada lu-manyun. Dan yang melejit adalah situs webnya! Haha.

Situs web Info Astronomy gue sengaja bangun dari Blogger, alesannya adalah karena saat pertama kali kenal internet adalah ketika belajar nge-blog. Setelah blog pribadi ini gue luncurkan, gue akhirnya merancang blog yang kini sudah menjadi situs web Info Astronomy.

Gak segampang itu, sih. Situs web Info Astronomy gak begitu aja dikenal orang. Butuh tenaga, pikiran dan keikhlasan. Dari yang awalnya cuma 2 sampe 5 pageviews per hari, meningkat jadi 100-500 per hari, naik lagi jadi 2000-6000 per hari, dan saat ini sudah 25000-80000 per hari! Dan yang gak pernah gue bayangkan sebelumnya, situs web Info Astronomy mendapat sponsor, para sponsor dengan senang hati memberikan donasi, tentu dengan imbalan banner mereka mejeng di sisi-sisi situs web Info Astronomy.

Penghasilan pasif yang gue dapatkan dari hobi ini semacem sebuah anugerah yang tak disangka-sangka. Gue bisa jajan dengan uang sendiri, bisa ngasih sedikit rejeki ke orangtua, dan yang sekarang bisa bayar kuliah sampai lulus.

Dan tahun 2015 ini, rasa bangga gue sepertinya wajar dan gak berlebihan. Terlihat seperti pamer? Memang. Pamer prestasi itu halal. Gue berharap banyak dari kalian yang sudah rela buang-buang waktu buat baca tulisan ini bisa memanfaatkan teknologi dengan baik supaya gak cuma galau, twitwar, sindir-sindiran gak berkelas, dan hal negatif lainnya di internet.

See you on top!

1 comment:

Punya pendapat tentang tulisan di atas? Beri komentar Kamu di bawah ini.