Asoy! Google Ubah Domain 'Blogspot.com' jadi 'Blogspot.co.id'

Dipublikasikan pada 9/07/2015 11:42:00 AM oleh Riza Miftah Muharram 1 Comments


Nyomot dari: Wikimedia Commons
Uwuwu

Hari ini, 7 September 2015, saat lagi asik-asiknya browsing di depan komputer, gue nemu ulasan di laman resmi Google yang menyatakan kalau mereka resmi alihkan domain 'blogspot.com' ke domain 'blogspot.co.id' untuk pengguna yang akses blog di Indonesia.

Kaget? Pastinya. Gue sampe coba kunjungin blog sendiri dan blog temen-temen lain untuk membuktikan, dan bener aja, domain gue sekarang rizamuharram.blogspot.co.id! Gila, keren banget kan? Tapi tenang, temen-temen lu yang masih kunjungin blog lu di domain 'blogspot.com' masih bisa kok, server Google yang akan mengalihkan ke domain baru yang 'Indonesia banget' ini.

Tepatnya pengalihan domain ini adalah pada 3 September 2015. Untuk pengguna blogger.com di Indonesia, memang ini merupakan hal yang baru, akan tetapi di negara lain perubahan domain internasional .com yang dipakai blogspot  udah berubah disesuaikan dengan lokasi pengakses, kayak 'blogspot.in' di India, 'blogspot.de' di Jerman dan lain sebagainya.

Kedepannya, kemungkinan blogger akan bertahap melakukan perubahan domain 'blogspot.com' ke domain spesifik ke seluruh negara di dunia. Mengingat UU IT di setiap negara bisa berbeda, seperti penggunaan cookie di Eropa.

But wait, haruskah kita cemas dengan perubahan nama domain 'blogspot.com' berubah menjadi 'blogspot.co.id'?

Ada kelebihan, pasti ada juga kekurangannya. Ya kan? Dari analisa gue, walaupun ada perubahan domain jadi 'blogspot.co.id', Google tetep menganggap domain kita-kita masih 'blogspot.com'. Hal ini dibuktikan dari hasil SERP yang masih mengindeks domain 'blogspot.com'.

Gue berusaha mencari blogspot dengan domain ekstensi negara seperti 'blogspot.de', 'blogspot.in' tapi belum membuahkan hasil meskipun blog tersebut berbahasa dan berasal dari negara tersebut. Hasil yang di tampilkan di SERP tetap 'blogspot.com'. Uniknya, ketika dibuka akan berubah menjadi 'blogspot.co.id', walaupun blog tersebut berbahasa Jerman.

Inilah Google, mirip bunglon yang bakal menyesuaikan domain lu dengan letak geografis pengakses blog lu. Jadi kalau blog lu dari Indonesia, nantinya akan berubah jadi 'blogspot.de' pas ada bule yang buka di Jerman. Jadi gak perlu cemas lah coy.

Sekian tulisan gue. Abis ini langsung close-tab ya. Beribadah lebih penting daripada baca blog ini!

1 comment:

Punya pendapat tentang tulisan di atas? Beri komentar Kamu di bawah ini.