Dapat Penghasilan dari Blog? Kenapa enggak?

Dipublikasikan pada 11/23/2015 12:31:00 PM oleh Riza Miftah Muharram 1 Comments


Nyomot dari panduanim.com
Uwuwu

Dapet penghasilan dari cuma sekadar blogging? Kenapa enggak? Sebelumnya gue mau cerita dulu, untuk yang belum tau (untuk menguatkan argumen lebih tepatnya), gue bersyukur udah bisa dapet sedikit penghasilan dari dunia blog. Bukan blog ini, tapi blog Info Astronomy ini.

Memang, sih, penghasilannya belum seberapa. Gak sebanyak penghasilan yang didapat Bill Gates (tapi aamiin sih). Seenggaknya penghasilan ini yang udah bikin gue bisa melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi. Gue memang sempet telat melanjutkan pendidikan tahun lalu karena saat itu gue gak punya biaya, gue juga gak mau jadi beban untuk orang tua. Adik gue ada tiga, semuanya harus sekolah.

Gue puter otak, masuklah ke sebuah perusahaan media yang lumayan punya nama besar di Indonesia. Gue dapet gaji, dan gaji ini ditabung untuk melanjutkan pendidikan. Tapi gue merasa tabungan ini masih kurang untuk misi utama gue: kuliah.

Setelah bersemedi, bolak-balik ke dukun beranak (lah?), dan bertanya-tanya dengan para profesional, gue akhirnya mencari "tambahan tabungan" lewat blog. Uniknya, berhasil. Muehehe. Ternyata betul kata orang, learn from the pro.

BURUAN, ZA! CURHAT MULU!

Oke, oke. Jadi, gue mulai mencari penghasilan tambahan lewat blog ini sekitar 6 bulan yang lalu, tepatnya di awal-awal Juni 2015. Gue mengamati gimana orang bisa dapet penghasilan lewat blognya, padahal blognya biasa-biasa aja.

Setelah penelitian dan observasi yang cukup panjang dan intensif. Gue mendapatkan jawaban kalau mereka bisa dapet uang dari blog dari iklan dan menjual sesuatu di blognya. Ini memang udah jadi rahasia umum, tapi bukankah masih banyak masyarakat umum yang gagal dengan cara ini? Dengan begitu, gue pelajari caranya.

Seperti kata seorang komika bernama Pandji Pragiwaksono dalam bukunya yang berjudul "Indiepreneur": 

Di era serba cepat ini, ada sesuatu yang lebih berharga daripada kecepatan, yaitu PROSES.

Gue setuju. Banyak orang di era teknologi yang serba cepat ini pengin cepet-cepet juga dalam segala hal. Misal pengin cepet kaya raya, pengin cepet lulus, pengin cepet dapet jodoh, pengin cepet-cepet putus dari pacar yang lama karena baru temukan orang baru yang lebih tebel dompetnya, dan lain-lain. Oke maaf, contoh pengin cepet-cepet yang terakhir itu gue sedikit curhat.

Kita harus menghargai proses. Dengan tau caranya dan menghargai prosesnya, kita pasti berhasil. Ini yang gue terapkan untuk mendapat penghasilan pertama gue dari blogging. Gue mulai dengan menampilkan iklan di blog Info Astronomy, yang dengan terpaksa. Karena awalnya, blog Info Astronomy ini gak mau gue pasangin iklan, tapi karena ada "sesuatu yang mendesak", akhirnya gue putuskan untuk itu.

Untuk iklan, orang-orang kebanyakan menyarankan gue untuk menggunakan jasa Google Adsense. Tapi gue rasa itu kurang efektif, karena dapat uangnya lama. Kita hanya akan dibayar kalau ada yang klik banner iklan dari Google Adsense yang nempel di blog kita. Udah lama, bikin riweh pula. Gue paham semua orang gak suka banyak iklan ketika mereka mengunjungi sebuah blog atau situs web.

Alhasil, gue bangun iklan mandiri. Maksudnya, siapapun yang mau pasang iklan silakan hubungi kontak yang udah gue sediakan, lalu bernegosiasi, lalu bannernya naik sebagai widget di blog Info Astronomy. Dengan cara ini, kita bisa patok harga misalnya 300 ribu untuk pasang banner iklan ukuran 300x300 px dalam 2 bulan.

Gue kembali bersyukur ketika ada sebuah perusahaan besar di bidang jual-beli online yang tertarik untuk memasang iklan mandiri di blog Info Astronomy. Perusahaan ini bahkan berani membayar lebih dari harga yang gue patok. Dengan senang hati, gue menerima sebuah kiriman uang yang punya 7 digit angka.

Lambat laun, iklan mandiri ini kayaknya semakin terlihat aneh di blog Info Astronomy. Dan dengan begitu gue tutup (untuk sementara, kalau ada "sesuatu yang mendesak" lagi baru deh dibuka). Gue mulai dengan cara lain; jualan!

Gue melihat potensi besar dari nama "Info Astronomy" yang bisa dibilang udah dikenal orang banyak. Seenggaknya dikenal followers-nya di Twitter, dikenal likers-nya di Facebook, dikenal followers-nya di Instagram dan dikenal subscibers-nya di LINE. Kembali kata Pandji Pragiwaksono dalam bukunya "Indiepreneur":

Yang penting bukan berapa follower Anda, tapi siapa follower Anda.

Ini bener. Sebanyak-banyaknya followers, kalau mereka gak kenal siapa dan apa tujuan kita, mereka gak akan acuh. Followers Twitter dan Instagram-nya Info Astronomy masih sedikit, subscibers LINE-nya Info Astronomy masih kalah pula dengan subscibers official account alay, dan yang ngenes: likers Facebook Info Astronomy belum sampai 3000!

Tapi bukan berapa follower kita, tapi siapa follower kita. Followers, likers dan subscibers Info Astronomy sudah tersegmen: mereka adalah anak muda yang suka dengan astronomi. Bisnis yang gue pilih: jualan merchandise!

Dari nama bagus "Info Astronomy", gue coba peruntungan menjual merch resminya. Dalam hal ini, tees alias tshirt alias kaos. Desain kaos-kaosnya juga sederhana, bahkan minim desain, gue cuma membuat kaos dengan beberapa kata-kata (yang menurut gue dan pembeli gue keren) seperti: "I love you to the Pluto and back, because the Moon isn't far enough."

Gue berjualan melalui sosial media seperti Facebook, Twitter dan LINE, dan gak lupa pasang widget banner iklan kaos karya gue ini di blog Info Astronomy. Hasilnya, jualan kaos laku keras. Heuheuheu.

JADI?

Jadi inilah cara gue mendapatkan uang dari blog. Lu pasti udah tau dong apa yang mau lu lakukan untuk bisa juga mendapat penghasilan dari blog lu? Mari berwirausaha!

1 comment:

Punya pendapat tentang tulisan di atas? Beri komentar Kamu di bawah ini.