Selamat Hari Blogger Nasional 2016!

Dipublikasikan pada 10/27/2016 06:53:00 PM oleh Riza Miftah Muharram 0 Comments


Uwuwu

Sejak tahun 2007, Menteri Komunikasi dan Informatika, Muhammad Nuh telah menggagas Hari Blogger Nasional. Hari spesial untuk para blogger (pengguna blog) itu setiap tahunnya jatuh pada tanggal 27 Oktober.

Jadi, di tulisan kali ini (yang semoga ada manfaatnya), gue mau cerita sedikit tentang pengalaman memakai atau jadi pengguna blogger. Buat yang tiba-tiba pengin kayang, silakan kayang dulu, baru baca ini. Makasih.

Nyomot dari: Rendy37.wordpress.com
Untuk yang sering berselancar di dunia maya, pasti gak akan asing dengan apa yang namanya blog. Blog beda loh dengan situs web atau website atau disingkat web aja. Menurut dosen salah satu mata kuliah di kampus gue, blog dan situs web punya banyak perbedaan. Biar gue tebak, lu mungkin salah satu orang yang belum tau perbedaan blog dengan situs web, kan? Ngaku aja, gak usah gengsi!

Biar gampang bedain mana blog dan mana web, gini aja:

Sebuah blog udah pasti memiliki daftar kronologis postingan. Jadi semua tulisan yang udah dibuat pemilik blognya bakal disusun dari yang terbaru sampai yang terlama. Setiap kali lu mampir ke sebuah blog, biasanya lu langsung menemui daftar beberapa konten yang pernah diposting oleh pemiliknya.

Nah, itu semua gak ada di dalam website. Kalau lu mampir ke sebuah website, lu gak akan nemu yang namanya daftar kronologis postingan tadi. Data yang ada dalam website biasanya statis. Contoh blog adalah blog yang sedang lu baca artikelnya ini, dan contoh website bisa kunjungi misalnya website milik bank, pemerintahan atau milik kampus lu.

Cukup tentang perbedaan blog dan situs web, sekarang gue mau cerita.

Gue sendiri udah kenal blog sejak gue mengenal komputer. Pertama kali gue kenal komputer (mainin komputer) adalah saat kelas 1 SMP. Itu kira-kira tahun 2007. Iya, gue masih muda kok.. masih single juga btw.

Awal main komputer, untuk anak SMP, adalah udah pasti game online. Gue masih inget banget gim pertama yang gue mainin lewat komputer itu Point Blank. Nah, pertama kalinya bikin blog adalah setahun setelahnya, tahun 2008. Blog pertama gue saat itu bukan blog ini. Ada deh pokoknya, isinya masih alay dan gue sekarang bingung: kenapa gue dulu bisa se-alay itu?! Kenapa?!

Okesip.

Setahun, dua tahun ngeblog, gue makin jago bikin tulisan gak berguna, dan sedikit ngerti tentang bahasa pemrograman yang dipakai untuk desain blog. Sedikit seluk beluk HTML cukup gue kuasai karena sering mampir ke blog orang lain yang bikin tutorial blogging. Ah, mereka seperti guru buat gue.

Sampai di tahun 2012, gue bikin blog baru. Saat itu, gue berencana bikin blog yang isinya hal-hal serius tapi menarik. Tapi, gue kembali bingung: blog apa yang isinya serius tapi menarik? Gue gak bisa tidur 3 hari 3 malem, makan gak berselera, mau boker males jongkok, sampai kucing terlantar di mana-mana (gak deng..).

Di pertengahan tahun 2012, gue mendapat sebuah firasat, "Udah za, bikin blog astronomi aja!"

Gak tau firasat itu dateng dari mana, terciptalah blog info-astronomy.blogspot.com. Gue sama sekali gak punya latar belakang pendidikan astronomi. Tapi berbekal suka menulis, doyan baca artikel astronomi,  dan tentunya passion. Blog yang dulunya gak punya pembaca sama sekali itu sekarang sudah punya domain sendiri yang lebih profesional: InfoAstronomy.org!

Pembaca blog InfoAstronomy.org sudah mencapai angka di atas 5.000 per hari. Dan yang lebih bikin semangat ngeblog di sana adalah, sekarang sudah gabung Google AdSense. Buat yang belum tau, AdSense adalah layanan iklan dari Google, dan blog gue jadi penayang iklannya. Dari situ, gue bisa dapet penghasilan per bulannya.

Sejak bergabung dengan AdSense, gue udah lupa kapan terakhir kali minta uang ke orangtua. Gue juga jadi bisa bayar uang kuliah sendiri, mau jajan apa aja tinggal makan, kuota abis tinggal beli, mau godain mbak-mbak kasir indomaret yang cantik tinggal pura-pura belanja, dan banyak hal-hal yang berbau keuangan lainnya yang sekarang udah terbebaskan. Kalau lu seorang blogger, gue bener-bener saranin untuk gabung dengan AdSense juga! Recommended!

Jadi, karena blogger, selain gue bisa menyebarkan informasi dengan cepat ke ribuan pembaca, gue juga bisa dapet penghasilan dari kegiatan itu. Seru, kan? Kalau kata Pak Walkot Bandung, ini namanya pekerjaan impian; sebuah hobi yang dibayar! :p

Tapi gue juga sedih, sekarang banyak blog yang sama sekali gak bermutu. Yaitu semacem blog yang kerjaannya cuma sebarin berita hoax, berita fitnah dan sejenisnya. Saran gue sih, manfaatin blogger sebaik-baiknya, seperti para youtuber memanfaatkan akun youtubenya (asal gak nyebarin hoax kampret Bumi datar aja).

Bagi gue, blog adalah tempat ternyaman dan paling asoy untuk menuangkan apa aja yang ada di dalem pikiran. Blog adalah sarana penghubung introvert dengan "lawan bicaranya". Blog adalah hidup. Blog adalah tempat belajar. Mari menulis!


“Orang boleh pandai setinggi langit, tapi selama ia tidak menulis, ia akan hilang di dalam masyarakat dan dari sejarah. Menulis adalah bekerja untuk keabadian.”
Pramoedya Ananta Toer

0 komentar:

Punya pendapat tentang tulisan di atas? Beri komentar Kamu di bawah ini.